Home » » Di Depan Rano, Jokowi Respons Spanduk Penolakan Sodetan Cisadane

Di Depan Rano, Jokowi Respons Spanduk Penolakan Sodetan Cisadane

Tangerang - Gubernur DKI Jokowi akhirnya mengubah pikirannya utentang sodetan Kali Cisadane pasca melihat langsung kondisi di lapangan. Saat meninjau Pintu Air Cisadane, Jokowi disambut spanduk penolakan sodetan Kali Cisadane dan demo sekelompok warga yang menentang sodetan. Apa respon Jokowi?

"Kalau nggak ada yang manas-manasin, kami nggak akan ada spanduk sebanyak itu di jalan, hehehe," canda Jokowi saat jumpa pers di kantor Inspektorat Pemerintah Tangerang, Tangerang, Banten, Jumat (25/1/2014).

Ucapannya ini disambut tawa Wagub Banten Rano Karno, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah. Ia lalu menjelaskan spanduk tersebut sebenarnya bentuk keprihatinan warga Tangerang akan menerima banjir yang lebih besar untuk menyelamatkan Jakarta.

"Kalau kita lihat berduyun-duyun banyak spanduk semua spanduk, ada keresahan di masyarakat karena mereka berpikir memindahkan banjir. Saya kira tidak seperti itu," imbuh Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan ide sodetan tersebut sudah ada sejak tahun 2000 dan sudah punya kalkulasi yang sesuai saat itu. Ide tersebut dicetuskannya lagi karena menilai ide itu cukup efektif untuk mengurangi banjir di Jakarta.

Namun, fakta di lapangan yang ia temui hari ini berbeda. Kondisi Kali Cisadane tak mampu jika dipaksakan ada sodetan yang terhubung dengan Kali Ciliwung.

"Sodetan itu sudah lama, dulunya ada kalkulasinya, saya mau lihat lapangannya seperti apa. Saya mau bicara dengan semuanya. Lapangannya, Cisadane pun tidak bisa nampung, air sudah masuk bibir Cisadane," ungkap suami Iriana ini.

Usai melihat langsung, akhirnya ia memutuskan untuk melakukan normalisasi Sungai Ciliwung-Cisadane lebih dulu. Langkah ini dinilai lebih efektif untuk saat ini daripada pembuatan sodetan.

Namun, ia memutuskan bahwa keputusan akhir proyek ini tetaplah di pemerintah pusat yakni Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Usulan normalisasi ini akan dibicarakan dalam rapat di Kementerian PU pekan depan.

http://m.detik.com/news/read/2014/01/25/153858/2478141/10/di-depan-rano-jokowi-respons-spanduk-penolakan-sodetan-cisadane

Klo sodetan ga blh oleh warga tangerang,ya udh pak jokowi jg larang warga tangerang yg mau kerja di jkt.toh bny warga tangerang yg menyebabkan banjir seperti buang sampah sembarangan.. No offence

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.