Home » » Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Fenomena macet di Jakarta atau pun beberapa kota besar di Indonesia akhir-akhir ini memang tidak bisa dielakkan lagi, Anda dan saya pasti mengalaminya. Macet tidak hanya membuang waktu kita percuma, macet juga membuat kita lelah, baik lelah fisik maupun mental.

Bisa Anda bayangkan karyawan dengan upah dua sampai tiga juta per bulan, harus menghadapi macet saat berangkat dan pulang dari tempat kerja, sebandingkah dengan apa yang mereka dapat? Pertanyaan retorika tersebut seakan semakin tidak terjawab ketika dihadapi langsung dengan fakta biaya kesehatan yang muncul ketika stres yang ada terakumulasi menjadi buah penyakitdi tubuh. Apapun jawaban pertanyaan tersebut, tidak berpengaruh, karena sebagian besar orang tidak punya pilihan.

Lalu apa yang bisa kita buat? Diam saja dan membiarkan diri dipenuhi amarah dan stres? Itu tidak baik untuk kesehatan, berikut ini kami akan memberikan tips beberapa hal yang dapat dilakukan di kala macet untuk mengurangi stres, mari disimak!

Pertama, putarlah musik yang nyaman dan menenangkan hati, musik jazz misalnya, musik secara signifikan mempengaruhi kondisi kejiwaan kita. Percayalah, macet dan musik keras (metal, heavy metal, hardcore, grindcore, dan lainnya) bukan kombinasi yang baik, walau mungkin ada sebagian orang yang dapat menikmati musik keras dalam kondisi apapun.

Kedua, macet juga berarti membuat kita terjebak dalam posisi yang sama selama berjam-jam, ada baiknya sambil mengarungi macet kita menggerakkan anggota tubuh kita, tangan misalnya, lakukan gerakan stretching ringan, hitung-hitung kita berolahraga di dalam mobil, mengapa tidak?

Ketiga, usahakan Anda tidak sendirian dalam perjalanan, akan lebih menyenangkan terjebak macet berdua dengan rekan Anda daripada sendirian, Anda bisa mengobrol bahkan mengenal rekan Anda lebih dalam.

Keempat, puncak macet biasanya terjadi pada jam pulang kantor, begitu juga puncak lapar, siapkan selalu makanan ringan di mobil Anda, lapar yang sangat dapat membuat sumbu amarah kita menjadi lebih pendek.

Terakhir, ingatlah orang-orang terkasih yang menanti Anda di rumah, bersabar dalam menyetir agar Anda tiba di rumah dengan selamat. Macet belum bisa kita hindari dalam tahun-tahun ke depan, tetapi dengan langkah di atas, buatlah macet menjadi surga tersendiri bagi diri Anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.