Home » » Micro SD Bisa Dengan Mudah Di Hack!

Micro SD Bisa Dengan Mudah Di Hack!

Micro SD Bisa Dengan Mudah Di Hack!
Kartu memori menjadi salah satu komponen penting yang dapat menanggulangi keterbatasan memori internal pada sebuah perangkat mobile. Saat ini, kartu memori SD Card (secure digital) menjadi kartu yang paling umum digunakan. Tak hanya pada smartphone saja, memori SD Card juga banyak digunakan pada kamera digital, laptop, dan yang lainnya. Tapi tahukah kamu jika ternyata memori SD Card memiliki lubang keamanan yang dapat membahayakan penggunanya?



Fakta yang mengejutkan tersebut dipaparkan oleh dua programmer, Andrew Huang dan Sean Cross di Ajang Chaos Communication Congress 2013 di Jerman dan juga melalui postingan blog. Mereka menemukan celah keamanan yang dapat membahayakan pengguna, serta cara untuk meng-hack SD Card. Alhasil, celah ini memungkinkan seseorang melihat data yang ada di dalamnya.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa seseorang dapat memotong data yang sedang ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain dan memodifikasinya. Bahkan secara sembunyi-sembunyi seseorang dapat menyalin data, memodifikasi data penting seperti password, juga menjalankan software berbahaya. Hal tersebut dapat terjadi karena SD card memiliki chip komputer yang disebut micro controller yang firmware-nya dapat dimodifikasi melihat detail suatu data yang tersimpan.

Dengan memanfaatkan celah tersebut, seseorang bisa menghentikan data yang sedang ditransfer dari satu penyimpanan ke penyimpanan lainnya. Mereka kemudian bisa memeriksa dan memodifikasi data tersebut.

Mereka mempelajari bagaimana microcontroller menerima dan menjalankan firmware, lalu mempelajari perintah yang berjalan dalam chip. Celah berbahaya tersebut tidak hanya dapat mengancam kartu memori jenis SD card saja, tetapi juga kartu memori berbasis flash lainnya, seperti SSD (solid-state drives) yang dipakai sebagai pengganti hard disk PC, atau penyimpanan eMMC (Embedded Multimedia Controller) yang dipakai pada smartphone.

Namun tak perlu terlalu khawatir karena menurut Huang, SD Card bisa diprogram ulang menjadi micro controller yang jauh lebih murah seperti Arduino system.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.