Home » » Pesawat Terbang Bermesin Honda Jazz Gan!!

Pesawat Terbang Bermesin Honda Jazz Gan!!



Sebanyak sepuluh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Nusantara Ketaping Sumatera Barat merakit pesawat jenis JABIRU J 430. Pesawat ini menggunakan mesin Mobil Honda Jazz.

Perakitan dilakukan di hanggar milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang terletak di kawasan lapangan terbang Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Sugeng Sukarsono(45) instruktur pesawat Jabiru saat ditemui di Hanggar FASI, Kamis 9 Januari 2014, mengatakan bahwa dibuatnya pesawat bermesin mobil Honda Jazz ini diharapkan mampu menekan biaya perawatan yang sangat mahal.

Dia mencontohkan, oli dari pesawat jenis Jabiru harus beli dari luar negeri serta bahan bakar yang mahal. Sedangkan oli dan bahan bakar dari pesawat mesin Honda Jazz ini bisa beli di mana saja tidak perlu beli dari luar negeri.

Kemudian ia juga mengatakan bahwa pesawat yang telah diuji dan mampu terbang selama 8 jam ini memerlukan waktu dua bulan untuk penyelesaiannya dan bisa menampung 4 orang termasuk pilot. Selain itu Sugeng mengatakan, mesin pesawat yang dimodifikasi oleh para pelajar binaannya, yaitu silinder pada mesin pesawat digunakan mesin Honda Jazz, sementara gear box depan dan belakangnya menggunakan Viking yang diproduksi dan impor dari Amerika, sementara mounting mesin dan
engine cooling dibuat keseluruhan oleh pelajar Indonesia

Body unit pesawat dan sayap pesawat yang menggunakan bahan Komposit juga modifikasi sendiri. "Ya mudah -mudahan pemerintah melihat hasil yang kita buat ini dan meresponnya dengan baik," katanya.

Ditemui ditempat yang sama salah satu siswa SMK Penerbangan Nusantara Ketaping Padang Sumatra Barat, Muhammad Jeffrizal (17), mengatakan bahwa dia sangat senang bisa merakit pesawat ini dan dibina langsung oleh pak Sugeng. Ia dan kelompoknya merasa puas bisa merakit pesawat ini,sehingga menambah pengalamannya dalam hal merakit pesawat terbang.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.