Home » » PU: Ngecor Pantura Pakai Beton Mahal, Biayanya Rp 9 Miliar/Km

PU: Ngecor Pantura Pakai Beton Mahal, Biayanya Rp 9 Miliar/Km

PU: Ngecor Pantura Pakai Beton Mahal, Biayanya Rp 9 Miliar/Km


Rista Rama Dhany - detikFinance
Jakarta - Saat diterjang banjir saat ini, ruas jalur pantai utara jawa (Pantura) mengalami kerusakan, bahkan ada yang amblas.
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berencana untuk mengecor Pantura dengan beton, meski biayanya lebih mahal.
"Agar kuat lapisan jalan di Pantura memang harus menggunakan semen beton, kalau aspal dilewati kendaraan berat apalagi ditambah
banjir ya pasti rusak," ujar Direktur Bina Pelaksana Wilayah II Ditjen Bina Marga Ardiananda ditemui di Kantor Kementerian PU, Jakarta,
Jumat (24/1/2014).
Ardiananda mengatakan, mengganti lapisan jalan dari aspal ke beton tidaklah murah. Dana yang dibutuhkan sampai Rp 9 miliar per
kilometer (km). Sementara total jalur Pantura mencapai 1.300 Km.
"Untuk semen beton memang mahal, Rp 8-9 miliar/km, sedangkan untuk aspal hanya Rp 2-3 miliar/km. Secara bertahap kita akan
ganti lapisan jalan di Pantura, tidak bisa ngebut, karena harus memperhatikan jalan yang kita tutup, 2-3 km saja yang kita perbaiki,
Pantura sudah macet total," ungkapnya.
Adriananda menambahkan, pekerjaan perbaikan jalan tahun ini tidaklah mudah, karena banjir yang melanda sejumlah daerah dan
menggenangi jalan di Pantura yang mengakibatkan kerusakan parah tidak diprediksi sebelumnya.
"Banjir ini tidak kami prediksi sebelumnya, apalagi Juni ini kita akan menghadapi Lebaran, saat ini sedang dirapatkan untuk perbaikan
jalan akibat banjir, yang jelas untuk perbaikan Pantura sudah dianggarkan Rp 1,3 triliun tahun ini," tutupnya.


apa iya biayanya segitu ?.kalau tender terbuka bisa dapat murah
pake cor beton walaupun mahal tapi kan awet bisa tahan 10th .karena yg sering lewat truk2 n bis besar n berat.
sengaja kali pakai aspal supaya cepat rusak = perbaikan terus = komisi masuk terus.
mottonya kan kalau jalan ga rusak ga ada proyek, ga ada proyek = ga ada komisi
belum lagi biaya proyek di mark up .....

pu ga mikirin pemilik motor n mobil.gara-gara jalanan rusak , motor n mobil jadi cepat rusak, sering kecelaka an, sering lihat di berita gara-gara lubang motor jatuh terus ke giles truk.pengemudinya mati ,truk-truk sering terbalik.

gw kesel banget jalanan cepat rusak, motor gw jadi cepat rusak : ban benjol, shockbreaker bocor gara2 hajar lubang.udah berkali-kali gw jatuh ke jeblos lubang.

gw bingung kok jalanan di indonesia cepat banget rusaknya ?.emang bikinnya pake tahu ?.kena hujan/genangan air ga lama berlubang-lubang di mana-mana.

gw lihat jalanan di luar negeri mulus-mulus , rata, marka jalan jelas, lampu jalan terang, susah cari lubang sekecil apapun.jalan kecil pun ada lampunya.

di indonesia kebalikannya, susah cari jalan mulus, semua jalan pasti ada lubang, kadang bergelombang, jalan tol aja ga mulus, kalo jalannya baru di cor warga bikin polisi tidur banyak banget.cape deh

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.