Home » » sejarah popok bayi

sejarah popok bayi

Semua perlengkapan bayi yang kita gunakan pasti telah terlebih dahulu ditemukan oleh para penemu. Dari banyaknya jenis peralatan bayi, mari kita lihat siapa penemu dari popok bayi dan bagaimana perjalanannya hingga kini. Popok bayi merupakan perlengkapan penting untuk si kecil terutama ketika ia harus buang air sehingga tidak menyebabkan kekotoran. Popok bayi sekali pakai yang kita kenal pertama kali ditemukan oleh Marion Donovan, seorang wanita yang lahir di Indiana pada tahun 1917. Marion menemukan dirinya sangat merasa kerepotan ketika harus mengganti dan mencuci popok kain buah hatinya. Selain mencuci popok, ia juga merasa kerepotan ketika harus berulang-ulang mencuci sprei dan baju si kecil. Sejak saat itu ia memutuskan untuk membuat popok bayi yang tidak mudah bocor dan membuat kotoran si kecil berceceran kemana-mana. Marion pertama menggunakan kelambu kamar mandi dan beberapa kain yang tersedia di rumahnya. Ia pun akhirnya menjadi penemu popok waterproof yang hingga sekarang masih terus dihargai dan dikembangkan.

Tidak seperti popok karet lain yang dijual di pasaran saat itu, popok buatan Marion tidak membuat kulit bayi iritasi. Karena popok buatannya yang makin diminati, Marion pun melakukan inovasi dengan menambahkan perekat pada bagian samping popok sehingga tidak perlu menggunakan peniti yang berbahaya untuk buah hati. Marion menamakan popok penemuannya �Boater� karena bentuknya yang mirip seperti perahu.

Marion tidak mencapai kesuksesannya dalam sekejap karena ia sempat tidak menemukan pabrik yang mau memproduksi popok temuannya. Namun, pada tahun 1949, Marion berhasil memperkenalkan popok temuannya dan bekerja sama dengan Keko Corporation untuk proses produksinya. Sebagai penemu, Marion tidak hanya diam saja, ia terus mengusahakan untuk membuat produk yang lebih baik dengan mengurangi ketebalan plastik dan membuat popok tersebut lebih mampu menyerap cairan. Pada tahun 1961, popok buatan Marion ternyata membuat penemu lain seperti Victor Mills juga memiliki ide hebat yang sama dan merupakan salah satu merek terkenal hingga saat ini yaitu Pampers.

Tidak hanya itu, masih banyak penemu lain yang juga membuat berbagai macam popok dengan kelebihannya masing-masing. Beberapa popok diproduksi dengan kelebihan antibakteri sehingga tidak menyebabkan ruam dan kulit kemerahan pada kulit bayi. Inovasi lain adalah efektifitas dari popok tersebut. Popok awalnya berbentuk seperti perahu yang memerlukan pengaman seperti peniti di bagian depan agar tidak mudah lepas. Karena dirasa berbahaya, perekat popok hadir agar lebih aman dan bisa digunakan dengan lebih cepat. Efektifitas popok dengan perekat dirasa belum cukup sehingga para penemu masa kini membuat popok berbentuk seperti celana yang bisa langsung dipakai. Karet pada bagian pinggang membuat popok ini tidak mudah melorot ketika digunakan.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.