Home » » Terombang-ambing di Lautan Pasifik Selama 16 Bulan, Pria Meksiko Selamat

Terombang-ambing di Lautan Pasifik Selama 16 Bulan, Pria Meksiko Selamat


Majuro - Ajaib! Terombang-ambing di Samudera Pasifik selama 16 bulan, seorang pria berhasil selamat. Kapal yang ditumpangi pria ini terbawa gelombang laut sejauh 12.500 kilometer dari negara asalnya, Meksiko.

Pria ini ditemukan oleh warga setempat dalam kondisi berambut gondrong dan wajah penuh brewok. Dia ditemukan pada Kamis (30/1) di atas kapal yang terbuat dari seat kaca sepanjang 7,3 meter terdampar di dekat area karang Ebon Atoll yang ada di Marshall Islands, negara kepulauan di Samudera Pasifik.

"Kondisinya tidak baik, tapi dia semakin baik," terang seorang mahasiswa antropologi asal Norwegia, Ola Fjeldstad seperti dlansir AFP, Jumat (31/1/2014).

Fjeldstad menuturkan, pria tersebut ditemukan hanya mengenakan celana compang-camping. Pria tersebut, lanjut Fjeldstad, meninggalkan Meksiko untuk berlayar ke El Salvador pada September 2012.

Dia pergi bersama seorang rekannya yang kemudian tewas di tengah laut beberapa bulan lalu. Kisah perjalanan pria ini sedikit kabur karena pria ini hanya bisa berbahaya Spanyol dan dia menyebut namanya sebagai Jose Ivan.

"Kapalnya penuh goresan dan tampak seperti sudah berada di air dalam waktu sangat lama. Dia memiliki rambut gondrong dan janggut yang panjang," jelas Fjeldstad yang sedang melakukan penelitian di kawasan Ebon ini.

Kepada Fjeldstad, Ivan mengindikasikan bahwa dirinya berhasil bertahan hidup dengan makan penyu, burung dan meminum darah penyu ketika tidak ada hujan. Sama sekali tidak ada peralatan memancing di kapal tersebut. Ivan menyatakan dirinya menangkap penyu dan burung dengan tangannya.

Ivan kini dalam perawatan warga setempat. Dia tidak mengalami situasi yang membahayakan nyawanya dan mampu berjalan dengan bantuan orang lain. Pihak Kementerian Luar Negeri Marshall Islands yang ada di ibukota Majuro telah dihubungi. Namun pemerintah setempat baru bisa menjemput Ivan di pulau tersebut hingga pekan depan.
http://m.detik.com/news/read/2014/01/31/180222/2484099/1148/terombang-ambing-di-lautan-pasifik-selama-16-bulan-pria-meksiko-selamat

Dibuat film oke...survival sejati
Mangap kaga ada ilus pake hp ngebuatnya

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.