Home » » Waspada jika sering sariawan!!!

Waspada jika sering sariawan!!!

Sariawan adalah luka atau guam yang terjadi di lapisan kulit rongga mulut dan bibir. Sariawan akan sangat mengganggu bahkan bisa jadi sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Gejala-gejala Sariawan

Anda pasti pernah merasakan bibir pecah-pecah, terasa panas dan perih. Atau tenggorokan yang terasa gatal, namun bukan karena batuk. Hal tersebut mungkin adalah gejala sariawan yang Anda rasakan. Memang banyak gejala timbulnya sariawan, namun yang paling sering adalah bibir pecah-pecah.

Penyebab Sariawan

Sebenarnya penyebab sariawan bukanlah karena kekurangan vitamin C, walaupun berkaitan dengan vitamin C. Sebenarnya sariawan diseabkan kesehatan sistem pencernaan yang kurang baik, baik itu di mulut atau di dalam perut. Biasanya disebakan karena panas dalam. Sariawan akan timbul sebagai tanda kurang baiknya saluran pencernaan.

Sariawan juga bisa disebabkan karena kulit rongga mulut atau bibir yang tergigit. Hal ini sangat wajar karena lapisan kulit rongga mulut dan bibir sangat tipis. Jadi jika terjadi luka akan berbentuk sariawan. Selain itu jika sariawan terjadi karena luka, ada juga faktor yang mendukungnya, seperti kuman atau bakteri di dalam mulut yang senang tinggal di dalam mulut yang bermukosa. Di sinilah sariawan disebabkan kekurangan vitamin C yang membantu pertahanan tubuh melawan bakteri tersebut.

Lebih parah lagi, sariawan bisa juga disebabkan karena penyakit kanker. Hal ini adalah penyebab yang paling ber bahaya karena bisa saja menyangkut hidup seseorang. Walaupun sariawan adalah dampak dari kanker, namun biasanya ada hal yang menyebabkan kanker tersebut, seperti merokok. Tembakau pada rokok dapat memicu kanker.

Dampak Sariawan

Sariawan bisa berdampak buruk terhadap tubuh kita. Yang paling umum adalah membuat nafsu makan kita berkurang karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Jelas sekali jika kita kurang makan, tubuh kita akan bertambah buruk keadaannya.

Selain itu sariawan bisa menyebabkan pula bau mulut. Ini juga hal yang lazim, karena pada saat sariawan, banyak kuman yang berkumpul dalam mulut kita yang akan menyebabkan bau mulut. Juga karena sistem pencernaan kita yang kurang baik.

Jika sariawan tersebut disebabkan kanker, bisa saja merusak beberapa bagian pada mulut.

Pengobatan dan Pencegahan

Banyak cara untuk mengobati sariawan. Ada cara tradisional yang mengatakan dengan cara memberi garam, jeruk, atau tablet vitamin C ke sariawan. Hal ini sebenarnya bukan pengobatan sariawan, tetapi bisa membantu penyembuhan sariawan karena membunuh kuman-kuman di sekitarnya.

Kemudian ada juga dengan cara menghaluskan daun saga, daun suji, atau daun kembang sepatu, ditambah madu lalu diseduh dengan air hangat dan langsung minum. Daun-daunan tersebut membantu mengobati sariawan dan madu untuk memberikan ketahanan tubuh.

Untuk pencegahannya, kita harus makan makanan yang sehat secara teratur. Berhati-hati ketika mengunyah makanan agar kulit di rongga mulut tidak tergigit. Untuk lebih jauh lagi, hindari atau berhentilah merokok.

Sekian info tentang sariawan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.