Home » » Kunci Motor Kenapa Ada yang Sama?

Kunci Motor Kenapa Ada yang Sama?

Jakarta -Anda pernah menemukan kunci motor Anda sama dengan motor lain yang satu merek dan satu tipe?

Salah seorang pembaca detikcom Ramlan, dari Johar Baru Jakarta Pusat menuturkan dirinya memiliki Honda Scoopy injeksi.

Nah ketika tengah berada di sebuah rumah makan di Bekasi, dirinya kaget ketika seorang anak muda pergi mengendarai motor Scoopy miliknya. Rupanya si anak muda tadi memiliki motor yang sama baik warna dan tahunnya, kunci kedua motor Scoopy itu sama identik. Untung saja Ramlan bisa mendapatkan kembali motornya.

Menanggapi hal ini, Manager Technical Training Departement PT Astra Honda Motor (AHM) Sarwono Edhi memaparkan kalau kemungkinan terjadi seperti itu memang sangat kecil dan jarang sekali apalagi di wilayah yang sama.

"Kemungkinannya sangat kecil sekali dan sangat jarang terjadi. Saya heran kalau terjadi di wilayah yang sama seperti itu," kata pria yang akrab disapa Edhi saat dihubungi detikOto, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya lebih lanjut, dari vendor kuncinya itu sendiri memang pasti ada pengulangan kunci tapi jika ada pengulangan produksi kunci, pihaknya akan melakukan pengacakan atau tidak akan menjualanya di wilayah yang sama.

"Kita akan lakukan random kalau memang vendor melakukan produksi yang sama. Kalau yang sama coba lihat dulu magnetnya ada 4 titik atau 3 titik, atau lihat dulu kuncinya sama atau tidak begitu juga sebaliknya," katanya lagi

Sementara itu, Service Manager diler Bintang Motor Andriyanto menambahkan kalau kejadian itu memang bisa terjadi. Tapi dari sekian ribu baru ada 1 atau beberapa nomor seri yang sama.

"Di kunci motor kan ada nomor seri yang tertulis, kalau itu angkanya sama kemungkinan bisa masuk ke motor yang tipenya sama," timpal Andriyanto.

Apakah ini kesalahan produksi? Andriyanto membantahnya kalau kejadian seperti ini merupakan kesalahan produksi karena tergantung masternya ada berapa.

"Misalnya vendor kunci mencetak 1.000 kunci lalu motor itu dijual sebanyak 2.000 unit, maka kemungkinan banyak yang sama ada tapi pihak distributor tidak akan mendistribusikan motor itu ke wilayah yang sama, akan diacak," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.