Home » » Menghemat Waktu

Menghemat Waktu


1. Mengurangi waktu tidur? Jika kita membaca biografi orang- orang yang sukses, ternyata diantara mereka banyak yang memiliki jam tidur yang sedikit atau kurang dari 8 jam dalam sehari. Itulah orang-orang yang sangat menghargai waktu sehingga tidur pun dikurangi. Saya tidak menganjurkan Kita menjadi sering bergadang tetapi cobalah mengurangi jam tidur sedikit demi sedikit tetapi tetap mempertahankan kesehatan Kita.
2. Cari waktu yang paling produktif dan optimalkan waktu tersebut. Bekerja saat waktu yang produktif akan menghemat waktu, karena kita bekerja lebih cepat.
3. Jangan berlama-lama dengan rapat. Buatlah rapat to the point. Kita dan juga bawahan Kita harus mempersiapkan materi untuk rapat, jika perlu laporan-laporan yang akan dibahas sudah dibagikan terlebih dahulu. Sehingga saat rapat tinggal membahas hal-hal yang perlu dibahas saja.
4. Bersihkan meja Kita dari hal-hal yang mengganggu pikiran. Termasuk masalah korespodensi. Setiap surat yang datang langsung kerjakan dan buang setelah tidak diperlukan atau di arsip jika masih diperlukan.
5. Siapkan selalu buku catatan khusus ide. Kadang orang kreatif seperti kita sering muncul ide-ide secara tiba-tiba. Ide-ide tersebut sering mengganggu konsentrasi kita. Catat dan simpan, jangan dipikirkan lagi. Ide-ide tersebut hanya dibahas pada jadwal tertentu yang khusus dijadwalkan untuk sesi kreatif. Jika Kita bekerja dengan komputer seperti saya, saat ada ide, buka note pade kemudian tulis ide tersebut dan tutup kembali.
6. Belajar mendelegasikan. Manfaatkan bawahan Kita untuk mengerjakan tugas-tugas Kita. Kita hanya mengerjakan pekerjaan yang memang harus Kita kerjakan sendiri, jika bisa didelegasikan, maka delegasikan.
7. Belajar mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Misalnya olah raga sambil menonton TV, pergi ke tempat kerja sambil menedengarkan kaset motivasional.
8. Belajar mengatakan tidak. Tidak semua hal harus Kita kerjakan. Tidak semua ajakan harus Kita ikuti. Lakukan apa yang memang benar-benar harus Kita lakukan, selebihnya katakan �tidak�.
9. Desain Filing System yang memudahkan Kita menemukan berkas tertentu. Kunci menyimpan berkas adalah, kelompokan, diberi indeks, urutkan, dan mudah ditelusuri. Mudah ditelusuri maksudnya mudah dicari berdasarkan sesuatu. Misalnya nomor order. Setiap order kita beri nomor, kemudian dokumen- dokumen terkait juga harus diberi nomor yang merujuk ke nomor order tadi. Setiap Kita butuh surat penawaran untuk suatu order, Kita tinggal cari berdasarkan nomor order, maka itu akan memudahkan.
10. Desain suatu sistem kerja untuk menghindari penundaan, penungguan, kerja dua kali, terlalu banyak perjalanan, atau kerja yang kurang bernilai. Untuk membuat ini Kita bisa mempelajari teknik-teknik manajemen seperti Lean-Six Sigma dan sejenisnya.
11. Saat ada masalah yag sulit dipecahkan, manfaatkan alam bawah sadar Kita. Tidurlah, sambil istirahat, seringkali pikiran bawah sadar kita tetap bekerja mencari solusi persoalan yang kita pikirkan.
12. Beli peralatan dan bahan yang digunakan kerja sehari-hari dalam jumlah yang banyak. Contoh ballpoint, belilah yang banyak dan simpan di laci Kita sehingga saat perlu, tinggal mengambilnya. Jangan sampai waktu Kita terbuang percuma gara-gara kesana kemari mencari sebatang ballpoint yang harganya cuma ribuan rupiah. Dari pada beli sebatang ballpoint yang mahal, lebih baik membeli banyak ballpoint yang murah.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.