Home » » Nih Gan Cara Mencuci Baju Yang Benar

Nih Gan Cara Mencuci Baju Yang Benar

Tips dan Cara Mencuci Baju Batik - Mencuci baju batik tidaklah sama dengan mencui baju pada umumnya, karena baju batik dibuat dengan bahan yang berbeda dengan baju biasa, oleh karena itu hati-hati dalam mencuci baju batik agar warnanya tidak luntur dan pudar, kali ini saya kan sharing bagaimana cara menuci baju batik agar tidak luntur dan warna baju batik tetap alami seperti baru. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk menuci baju batik contohnya dengan sabun lerak, bagaimana cara mencui baju batik dengan sabun lerak? caranya adalah

Cara mencuci baju batik menggunakan sabun Lerak

Persiapan:
A. Siapkan sabun lerak. Lerak bisa anda dapatkan di toko bahan laundry atau toko batik.
B. Siapkan ember untuk perendaman.
C. Hanger untuk menjemur.

Cara mengerjakannya: adalah dengan tehnik �handwash� atau cuci dengan tangan bukan dengan mesin cuci.
Masukan Sabun Lerak secukupnya kedalam ember yg telah diisi air 2-3 Liter air (untuk kapasitas mencuci perpiece/perpotong).
Rendam batik kedalam larutan sabun Lerak sekitar 15-30 menit.
Saat mencuci, batik jangan dikucek atau diperas, cukup dengan diangkat-celup saja. Untuk bagian yg terlihat kotor seperti kerah, gunakan jari anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.

Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit dengan cara diangkat-celup juga, jangan pakai softener, cukup dengan air bersih.
Setelah selesai membilas, angkat batik dan serap airnya dengan handuk sambil diremas-remas lembut. Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya.
Pasang batik di hanger lalu jemur di tempat teduh, jangan terkena sinar matahari langsung.
Setelah batik kering, jangan menyetrikanya dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.

Finishing: Taburkan bunga melati disekelilingnya atau semprot dengan parfum beraroma melati agar terkesan natural dan eksotis.

Nah, cara menuci baju batik dengan sabun lerak ini sudah sering digunakan oleh orang jadul (jaman dulu) atau nenek moyang kita (lo aja kali gue enggak) , tapi kalau kalian kesulitan mencari sabun lerak ada tips sederhana lainnya dalam mencuci baju batik, contohnya seperti menggunakan shampo, lho emang bisa mencuci baju batik menggunakan shampo? ya bisa lah, masa ya bisa dong hehe, kalau mau tahu caranya lanjutin bacanya :

Tips dan Cara mencuci baju batik menggunakan shampo


1.Mencuci baju batik dengan menggunakan shampo rambut. Sebelumnya, larutkan dulu shampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu baru baju batik dicelupkan. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk baju batik yang dijual di pasaran.

2.Pada saat mencuci baju batik jangan digosok dan jangan gunakan deterjen. Jika batik Anda tidak terlalu kotor maka Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik Anda terkena noda maka Anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja. Akan tetapi jika nodanya masih membandel maka Anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja. Janganlah mencuci baju batik dengan menggunakan mesin cuci.


3.Setelah kotoran hilang Anda harus menjemurnya di tempat yang teduh tetapi Anda tidak perlu memerasnya, biarkan saja baju batik tersebut mengering secara alami. Pada saat menjemur sebaiknya Anda tarik bagian tepi baju batik agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala.

4.Hindari penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut Anda bisa semprotkan air di atas baju batik Anda lalu lapisi batik Anda dengan baju batik lainnya. Hal ini untuk menghindari baju batik Anda terkena panas langsung dari setrikaan.


5.Bila Anda ingin memberi pewangi dan pelembut baju pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada baju batiknya. Sebelumnya, tutupi dulu baju batik dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut baju. Sebaiknya Anda tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke baju batik atau pakaian berbahan batik sutera berpewarna alami.

6.Sesudah disetrika sebaiknya Anda simpan batik Anda dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Sebaiknya Anda jangan memberi kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak baju batik Anda. Ada baiknya Anda beri merica atau lada yang dibungkus dengan tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian Anda untuk mengusir ngengat. Atau Anda bisa menggunakan akar wangi yang sebelumnya Anda celup ke dalam air panas kemudian dijemur, lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur. Setelah akar wangi tersebut kering Anda baru bisa menggunakannya.

Sekian dulu gan,maap berantakan



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.