Home » » Persalinan yang Aman dan Selamat Agar Ibu Bayi Sehat

Persalinan yang Aman dan Selamat Agar Ibu Bayi Sehat

Persalinan yang Aman dan Selamat Agar Ibu Bayi Sehat

Kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia saat ini masih sangat penting untuk ditingkatkan serta mendapat perhatian khusus. Menurut data Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) Tahun 2007 diperkirakan sekitar 1 orang ibu meninggal setiap jam akibat kehamilan, bersalin dan nifas serta setiap hari 401 bayi meninggal. Hal ini secara keseluruhan disebabkan latar belakang dan penyebab kematian ibu dan anak yang kompleks, menyangkut aspek medis yang harus ditangani oleh tenaga kesehatan.

Penyebab kematian ibu secara berurutan disebabkan terjadinya pendarahan, eklamsia, infeksi, persalinan lama dan keguguran. Kematian bayi sebagian besar disebabkan karena Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), kesulitan bernafas saat lahir dan infeksi. Lebih dari separuh (56%) kematian bayi terjadi pada masa bayi baru lahir (0-28 hari). Sedangkan kematian bayi uisa 1-12 bulan sebagian besar disebabkan karena Diare dan Pneumonia.

Upaya penurunan kematian ibu dan bayi dapat dilakukan dengan peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) yang memerlukan dukungan keterlibatan keluarga, kader, masyarakat, serta petugas kesehatan.

Apa itu P4K ?

Adalah suatu kegiatan di keluarga dan masyarakat yang difasilitasi oleh bidan daam rangka meningkatkan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas. Termasuk perencanaan menggunakan metode Keluarga Berencana (KB) pasca persalinan dengan menggunakan stiker P4K sebagai media pencatatan sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan.

Apa manfaat P4K ?

Meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan dan bayi baru lahir bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat.

Apa saja jenis kegiatan P4K yang dilakukan ?

Mendata seluruh ibu hamil
Memasang stiker P4K di setiap rumah ibu hamil
Membuat perencanaan persalinan (amanat persalinan) melalui penyiapan :
Taksiran persalinan
Penolong persalinan
Tempat persalinan
Pendamping persalinan
Transportasi / Ambulan desa
Calon pendonor darah
Dana
Penggunaan metode KB pasca persalinan

terimakasih untuk narasumber

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.