Home » » Terungkap! Buaya Ternyata Bisa Memanjat Pohon

Terungkap! Buaya Ternyata Bisa Memanjat Pohon



Buaya tak hanya mampu berenang cepat, bergerak secepat kilat di daratan untuk menerkam sekaligus menggigit mangsanya. Dan kini terungkap kemampuan luar biasa reptil besar anggota famili Crocodylidae itu: mereka ternyata bisa memanjat dan bertenger di atas pohon.

Penelitian gabungan ahli dari Australia dan Amerika Serikat menunjukkan, meski sudah lama diduga bahwa spesies buaya kuno bisa memanjat pohon, belum pernah ada kajian terkait yang ada saat ini. "Yang ternyata mampu melakukan hal-hal luar biasa," kata Adam Britton, periset dari Charles Darwin University, seperti dimuat AAP, Kamis (13/2/2014).

Sebelumnya hanya ada sedikit laporan soal keberadaan buaya di pohon. Yakni di Mississippi, Colombia, dan sepanjang tepian Sungai Nil.

Para peneliti juga meneliti buaya -- baik alligator maupun crocodile (yang salah satu pembeda adalah bentuk mulut mereka) -- di Australia, Afrika, dan Amerika Utara.

Termasuk terkait laporan dari Australia bahwa ada buaya yang memanjat pagar kawat. Untungnya, di Negeri Kanguru hanya buaya air tawar yang memanjat pepohonan, mereka tidak seagresif buaya air asin.

Para buaya modern ternyata luar biasa gesit. Mereka memanjat pohon, ke luar dari air, untuk melarikan diri dari predator, kompetitor, atau menemukan tempat untuk berjemur saat dikelilingi vegetasi yang padat.

"Saat berkompetisi dengan buaya lain memperebutkan area berjemur terbaik. Seekor buaya yang ingin berjemur dengan tenang, harus menemukan tempat lain -- memanjat dahan pohon adalah pilihan yang sempurna," kata Dr Britton.

Dia menambahkan, elevasi atau ketinggian membuat buaya bisa melihat apa yang ada di perairan dengan lebih jelas.

Berbeda dengan sikap mereka yang tenang di daratan, di ketinggian para buaya di ketinggian agak senewen. Gampang terkejut dan melompat jika didekati.

"Jika cabang tersebut menggantung di atas air, buaya bisa berpindah dengan lebih mudah. Tinggal jatuhkan diri, mencebur ke air."

Dalam jurnal sains, Herpetology Notes, para ilmuwan mengidentifikasi 4 spesies buaya yang bisa memanjat pohon. Beberapa ekor buaya bahkan dipergoki berada di atas pohon di ketinggian 13-16 kaki atau 3,9 sampai 4,8 meter

Buaya memanjat dengan cara membuat tubuh mereka vertikal, kemudian merayap atau berjalan di antara cabang-cabang," demikian hasil penelitian uang ditulis tim yang dipimpin oleh peneliti dari University of Tennessee, Vladimir Dinets, seperti Liputan6.com kutip dari FoxNews.

Jadi, misalnya seseorang dikejar buaya, tak disarankan baginya memanjat pohon? Tergantung.

Misalnya, "jika buaya empat meter mengejar Anda, mungkin tidak ada cara lain selain memanjat pohon," kata Dr Britton.

Sebab, makin besar ukuran buaya, secara proposional kaki mereka lebih kecil dibandingkan tubuhnya. Mereka tak punya kekuatan untuk naik ke pohon.

Mengamati perilaku dalam buaya modern telah memberikan petunjuk penting tentang bagaimana cara hidup spesies yang sudah punah.

Juga menunjukkan, meski faktanya postur tubuh buaya tak terlihat seperti punya kemampuan memanjat pohon, nyatanya mereka bisa dan telah melakukannya.

"Hanya dengan melihat ukuran kaki fosil dan bentuknya tidak selalu memberitahu tentang perilaku hewan ini," kata Dr Britton.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.